Science Techno Park IPB University Unjuk Inovasi di Jerman

Science Techno Park (STP) IPB University ikut sertadalam Indonesia Innovation Day (IID) di Universitas Saarland, Saarbrucken, Jerman pada tanggal 25 – 28 Juni 2019. Kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Kemristekdikti ini bertujuan mempromosikan dan menjajaki kerjasama produk inovatif dalam negeri di tingkat internasional. IID menampilkan sebanyak 27 produk inovatif yang berasal dari 21 Pusat Unggulan Iptek (PUI) dan 5 Science Techno Park (STP), salah satunya adalah STP IPB Direktorat Kawasan Sains Teknologi dan
Inkubator Bisnis (DKSTIB) IPB University yang diwakili oleh Kasubdit Inkubator Bisnis, Deva Primadia Almada dan Tenant STP, PT Interstisi dengan menampilkan produk Green Composite Helmet (GC Helmet). Undangan yang hadir terdiri dari peneliti, praktisi bisnis, dan industri di Eropa.

Kegiatan IID 2019 meliputi product presentation, product exhibition, business matchmaking, research networking, product development initiatives, dan singining collaboration. Pemberian Sambutan IID 2019 dilakukan oleh Direktur Manajemen Riset dan Alih Teknologi Universitas Saarland, Duta Besar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin-Jerman, Arief Havas Oegroseno, dan Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti-Kemristekdikti, Dr Patdono Suwignjo, M.Eng sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Hadir pula Sesditjen Iptek Dikti Dr Ir Agus Indarjo, M.Phil, Ketua DRN Dr Ir Bambang Setiadi, IPU dan Direktur Lembaga Penelitan dan Pengembangan Kemristekdikti, Ir Kemal Prihatman, M.Eng. Kegiatan business matchmaking menghasilkan beberapa Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama usaha maupun riset dengan mitra industri di Jerman. Beberapa PUI dan STP mendapatkan mitra kerjasama dalam pemasaran, pengembangan produk maupun riset, dan telah melakukan signing collabroration. Salah satu STP IPB University akan bekerjasama dengan Kazlei Bernhardt, salah satu perusahaan di Jerman yang tertarik memasarkan produk GC Helmet di Jerman dan Polandia.

Untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia (SDM) dalam inovasi teknologi, juga dilaksanakan kegiatan site visit ke Saar Science Park, dan beberapa Research Institution di kota Saarbrucken, diantaranya Max-Planck Institute for Informatic, KIST Europe Institute, CISPAHelmholtxt Center for Information Security, dan German Research Center for Artificial Intelligence (DFKI). “Melalui program IID dan inkubasi yang dilakukan oleh STP, semoga inovasi di Indonesia dapat terus tumbuh dan berkembang dan menghasilkan industri inovatif yang berdaya saing ke depan,” kata Deva. (stp ipb/ris)

Posted in Berita.