Blog

Biopener, Startup Binaan LKST IPB University Raih Award di Korea-Indonesia Startup Day

Biopener-Startup-Binaan-LKST-IPB-University-Raih-Award-di-Korea-Indonesia-Startup-Day-770x400

Biopener, Startup Binaan LKST IPB University Raih Award di Korea-Indonesia Startup Day

Salah satu startup binaan inkubator bisnis Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University, Biopener berhasil meraih prestasi membanggakan. Dengan produk biopelet, Biopener mendapat award dalam acara Korea-Indonesia Startup Day Boosting Future Leaders of Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Grand Sheraton, Jakarta (12/12).

Kegiatan ini merupakan kerja sama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Korea Trade-Investment and Promotion Agency (KOTRA) Jakarta dan Korea Midland Power Co Ltd (KOMIPO) Energy Indonesia.

“Bersama KOTRA dan KOMIPO, kami melakukan tahapan seleksi, mulai dari seleksi administrasi profil usaha, dan seleksi substansi melalui pemaparan pitch deck dan wawancara dengan reviewer dari KOTRA dan KOMIPO sejak awal November 2023,” tutur Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kemenkop UKM, Christina Agustin, APi, MM.

Deva Primadia Almada, SPi, MSi selaku Asisten Bidang Inkubator Bisnis LKST IPB University turut hadir mendampingi Biopener pada acara tersebut. Deva menyampaikan, Biopener merupakan startup program inkubasi bisnis LKST IPB University tahun 2022.

“Biopener adalah startup binaan LKST IPB University yang masuk dalam kriteria yaitu renewable energy. Karenanya, kami usulkan, kawal dan dampingi di setiap tahapan seleksi untuk program ini. Terima kasih Kemenkop UKM, KOTRA dan KOMIPO, semoga award ini bisa mendorong Biopener untuk scale up dan naik kelas,” ujar Deva.

Menkop UKM, Teten Masduki dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari 270 juta populasi Indonesia didominasi oleh generasi Z (27,9%) dan millennial (25,8%). “Bonus demografi ini merupakan salah satu penentu ekonomi bangsa, yaitu melalui pengembangan startup yang inovatif,” lanjut Teten.

Sementara itu, Mr Lee Jang Hee sebagai Direktur KOTRA Jakarta menyampaikan bahwa pihaknya telah banyak bekerja sama dengan startup di Indonesia, mulai dari Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Aceh. Ia menyebut, misi KOTRA adalah membantu mengembangkan startup inovatif di Indonesia, khususnya bidang renewable energy.

“Sekali lagi, selamat kepada lima startup penerima award. Jika ingin cepat, maka pergi sendiri, tetapi jika ingin jauh maka harus pergi bersama-sama,” imbuh Lee.

Kepala LKST IPB University, Prof Erika Budiarti Laconi menambahkan, visi misi LKST IPB University selaras dengan Kemenkop UKM dan KOTRA. “Melalui program inkubasi bisnis, kami men-support para startup untuk tumbuh berkembang menjadi startup inovatif yang tangguh, berkelanjutan dan go global,” tutur Erika.

Kelima penerima award tersebut yaitu Biopener (Inkubator Bisnis LKST IPB University), E-has (Inkubator Universitas Negeri Semarang), Roomansa (Inkubator Bisnis Universitas Gadjah Mada), Dif.Marketer (Inkubator Bisnis Universitas Hindu Indonesia), dan Henbuk (Inkubator Bisnis STIKOM). (stpipb/Rz)

sumber : https://www.ipb.ac.id/news/index/2023/12/biopener-startup-binaan-lkst-ipb-university-raih-award-di-korea-indonesia-startup-day/