Blog

Inkubator Bisnis LKST IPB University Raih Award Akreditasi A

Inkubator-Bisnis-LKST-IPB-University-Raih-Award-Akreditasi-A-770x400

Inkubator Bisnis LKST IPB University Raih Award Akreditasi A

Inkubator Bisnis Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) atau Science Techno Park (STP) IPB University mendapatkan Award akreditasi A dalam acara Inkubator Award Kementerian Koperasi (Kemenkop) Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dilaksanakan di Novotel Tangerang, pada 8/12.

Award diberikan oleh Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM, Ir Siti Azizah. Ia menyampaikan bahwa peran inkubator bisnis sangat penting untuk startup dalam mengembangkan bisnis mulai dari training, pendampingan, mentoring, coaching dan business matching.

“Kemenkop UKM juga menyelenggarakan berbagai business matching skala nasional dan internasional yang melibatkan startup potensial dari berbagai inkubator. Melalui program inkubasi, startup diharapkan dapat go global dan tahun depan kami akan fokus pada program inkubasi sektor unggulan Indonesia yaitu agriculture, aquaculture dan teknologi,” ujar Azizah.

Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kemenkop UKM, Christina Agustin, dalam laporannya menyampaikan mekanisme pemeringkatan atau akreditasi Inkubator Bisnis.

“Pada tahun ini, sebanyak 31 Inkubator Bisnis terdaftar, kemudian tim asesor menilai isian form. Kriteria penilaiannya antara lain kualitas tim manajemen, kebijakan dan dukungan lembaga induk inkubator, sarana prasarana dan layanan inkubasi, fasilitasi pembiayaan startup, kualitas dan kinerja startup serta dampak kepada masyarakat dan lain lain,” ungkapnya.

Kepala LKST IPB University, Prof Erika Budiarti Laconi didampingi Asbid Inkubator Bisnis, Deva Primadia Almada, hadir menerima Award Inkubator. Prof Erika berterimakasih kepada Kemenkop UKM atas penghargaan yang telah diberikan.

“Selama dua tahun terakhir kami aktif bekerjasama dengan Kemenkop UKM dalam berbagai kegiatan program inkubasi, diantaranya kegiatan training, coaching, Bogor Entrepreneur Hub, Talkshow Interaktif Startup dengan Menkop UKM, dan business matching,” tutur Prof Erika.

Ia mengatakan penghargaan tersebut akan menambah motivasi, semangat, dan passion tim Inkubator Bisnis LKST IPB University dalam meningkatkan kualitas inkubasi startup. (stpipb/Lp)

sumber : https://www.ipb.ac.id/news/index/2023/12/inkubator-bisnis-lkst-ipb-university-raih-award-akreditasi-a/