Blog

LKST IPB University Selenggarakan Business Matching dan Expo Produk untuk 95 UMKM Kota Cilegon

STP-IPB-University-Selenggarakan-Business-Matching-dan-Expo-Produk-untuk-95-UMKM-Kota-Cilegon-770x400

LKST IPB University Selenggarakan Business Matching dan Expo Produk untuk 95 UMKM Kota Cilegon

Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kota Cilegon selenggarakan Business Matching dan Expo Produk Tenant 2023. Kegiatan dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Cilegon.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan para tenant (UMKM) dengan calon mitra. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi kesepakatan untuk kerja sama yang saling menguntungkan terkait pengembangan usaha UMKM baik dalam hal produksi, promosi, pemasaran maupun permodalan.

“LKST IPB University telah melakukan serangkaian program inkubasi meliputi workshop, benchmark, pendampingan dan coaching baik dalam aspek teknis produksi, manajemen usaha, keuangan, pemasaran, izin edar, kemasan, business plan dan business model canvas (BMC) terhadap 95 tenant UMKM Kota Cilegon,” ucap Kepala LKST IPB University, Prof Erika B Laconi di The Royale Krakatau Hotel, Cilegon (29/11).

Ia mengapresiasi keterlibatan para calon mitra serta semangat dan perjuangan dari para ibu-ibu pelaku UMKM Kota Cilegon. “Prinsip kemitraan bisnis di antaranya saling membutuhkan, saling menguatkan, serta saling menguntungkan. Harapannya semoga terjalin kerja sama startup dengan mitra baik dalam pemasaran maupun pembiayaan sehingga startup bisa tumbuh dan berkembang,” lanjutnya.

Kepala Diskop UKM Kota Cilegon, Drs Didin S Maulana, MM mengucapkan terima kasih kepada LKST IPB University dalam mendampingi UMKM Kota Cilegon sejak angkatan pertama tahun 2022 lalu. Program inkubasi UMKM dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan mengembangkan usahanya agar menjadi tangguh dan naik kelas.

“Mayoritas UMKM peserta program inkubasi adalah ibu-ibu. Namun jangan salah, perempuan memiliki arti yang bagus dan baik, yaitu gabungan orang-orang yang pintar dan hebat,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Cilegon pada awal tahun 2024 akan me-launching Galeri UMKM yang berlokasi di Jalan Raya Anyer. Upaya tersebut dalam rangka membantu pemasaran produk UMKM Cilegon.

“Kami berharap IPB University bisa terus mendampingi UMKM Cilegon di tahun-tahun berikutnya,” tambah Asisten Daerah II Setda Kota Cilegon, Azis Setia.

Sebelum acara pengumuman hasil business matching, Walikota Cilegon Helldy Agustian, SE, SH, MH hadir memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta. “UMKM harus memiliki ide yang kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnis, jangan yang biasa-biasa saja. Niatkan dalam hati bahwa bisnis adalah ibadah, insyaallah pasti sukses,” lanjut Helldy.

Sebanyak 20 perwakilan UMKM memaparkan pitch deck selama 5 menit. Kemudian calon mitra memilih startup yang diminati berdasarkan paparan dan profil usaha yang terdapat pada Buku Katalog Produk dan difasilitasi diskusi pada meja yang terpisah.

“Hasil Business Matching kali ini terdapat sebanyak 119 pernyataan minat pertemuan lanjutan, dan sebanyak 101 pernyataan minat kerja sama antara mitra dengan tenant,” ungkap Deva Primadia Almada, SPi, MSi selaku Asisten Bidang Inkubator Bisnis LKST IPB University.

Mitra bisnis yang hadir dalam acara ini antara lain BJB Cilegon, BNI Cilegon, PT Telkom Cilegon, PT Indonesia Power, Dekrasnasda Kota Cilegon, Koperasi Koci Prima, Cilegon Center Mall, PT Sinar Selira Interfood, FKP Kota Cilegon, FKPU Kota Cilegon, PIWKU Banten, Artha Online Shop, Krakatau Medika, Indomart dan Hypermart Cilegon. (stpipb/Rz)

sumber : https://www.ipb.ac.id/news/index/2023/12/stp-ipb-university-selenggarakan-business-matching-dan-expo-produk-untuk-95-umkm-kota-cilegon/