Blog

LKST IPB University Selenggarakan Pelatihan: Peran Perbankan dalam Mendukung Perkembangan Bisnis Startup

LKST-IPB-University-Selenggarakan-Pelatihan-Peran-Perbankan-dalam-Mendukung-Perkembangan-Bisnis-Startup-770x400

LKST IPB University Selenggarakan Pelatihan: Peran Perbankan dalam Mendukung Perkembangan Bisnis Startup

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja startup program Inkubasi Bisnis, Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University, menyelenggarakan kegiatan pelatihan dengan tema “Peran Perbankan dalam Mendukung Perkembangan Startup”. Pelatihan diikuti sebanyak 27 tenant startup program inkubasi bisnis LKST IPB University di Hotel Swissbell, pada 4/12.

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan implementasi terkait program perbankan untuk mendukung startup, peluang kerjasama pemasaran, investasi usaha, dan pemanfaatan program CSR (corporate social responsibility) atau program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) dari perbankan untuk inkubasi startup.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Kepala LKST Bidang Inkubator Bisnis dan Kemitraan Industri, Prof Rokhani Hasbullah. Dalam sambutannya Prof Rokhani menyampaikan bahwa dalam mengembangkan bisnis terdapat minimal empat hal yang perlu diperhatikan oleh para pelaku startup.

“Pertama ialah dari pengembangan produk untuk memenuhi preferensi konsumen. Kedua, para startup harus mampu mengelola sumber daya dalam menjalankan aktivitas usahanya,” ungkapnya.

Lanjutnya, ketiga, para startup perlu menguasai saluran pemasaran baik secara offline maupun online dengan memanfaatkan platform digital, dan keempat startup yang ingin naik kelas tidak cukup mengandalkan modal sendiri (bootstrapping), tetapi harus mampu menarik investasi dari luar untuk pengembangan bisnisnya.

“Tujuan dari program inkubasi bisnis adalah memberikan pendampingan secara menyeluruh terhadap seluruh permasalahan sehingga usahanya berkembang dan naik kelas serta memberikan impact nyata kepada masyarakat dan pertumbuhan ekonomi bangsa,” ujar Rokhani.

Asisten bidang Inkubator Bisnis, Deva Primadia Almada, menyampaikan bahwa program inkubasi bisnis yang diberikan kepada 27 startup meliputi Workshop penyusunan Businnes Model Canvas (BMC), Action Plan dan Business Plan, Serial Coaching, Mentoring dan Pelatihan dengan berbagai tema sesuai needs assessment startup peserta program.

“Semoga melalui pelatihan yang menghadirkan narasumber dari perbankan ini, para startup dapat berkolaborasi dan mengakses program-program perbankan dalam rangka mengembangkan bisnis sehingga dapat membantu tumbuhnya startup inovatif yang tangguh dan berdaya saing.

Meidy Ferdiansyah, Vice President (VP) Small Medium Enterprise (SME) Business Project Bank BSI menyampaikan beberapa peran dan program Bank BSI dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia “Bank BSI siap mensuppport startup binaan IPB dalam mengembangkan bisnis,” ujar Meidy.

Selanjutnya Kepala Unit Usah Kecil Menengah (UKM) dan Kredit Bank BTN, Riska Indaryani menyampaikan terkait kredit usaha untuk UMKM, dimulai dari ketentuan umum Kredit, jenis produk kredit, agunan, dan legalitas agunan kredit, serta program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Narasumber lainnya ialah Kepala Cabang Bank BRI Bogor, Aris Abdillah. Ia menyampaikan program utama Bank BRI salah satunya ialah peningkatan akses pemberdayaan dan pembiayaan kepada Pelaku UMKM melalui program financing. (stpib/Lp)

sumber : https://www.ipb.ac.id/news/index/2023/12/lkst-ipb-university-selenggarakan-pelatihan-peran-perbankan-dalam-mendukung-perkembangan-bisnis-startup/