Blog

Startup Program Primestep dan Inkubasi Bisnis IPB University ikuti Coaching Series Manajemen Keuangan

Puluhan-Startup-Program-Primestep-dan-Program-Inkubasi-Bisnis-IPB-University-ikuti-Coaching-Series-Manajemen-Keuangan-770x400

Startup Program Primestep dan Inkubasi Bisnis IPB University ikuti Coaching Series Manajemen Keuangan

Sebanyak 14 Startup peserta Program Primestep dari Asian Development Bank (ADB), 27 startup peserta Program Inkubasi Bisnis IPB University mengikuti Serial Coaching Startup, 14-15/11. Acara di laksanakan di Ballroom Gedung Startup Center Sains Techno Park (STP) Kampus Taman Kencana, Bogor.

Serial Coaching Startup ini meliputi coaching manajemen keuangan, peluang dan strategi mendapatkan series pendanaan serta branding produk. Pada coaching ini, peserta juga diberikan pemahaman tentang manajemen mutu dan keamanan produk, peluang strategi memasuki pasar global dan strategi menarik investasi dan negosiasi bisnis.

Prof Erika B Laconi, Kepala Lembaga Sains Techno Park IPB University menyampaikan kegiatan ini merupakan tambahan ilmu untuk para pelaku bisnis startup. “Sebanyak 41 startup yang mengikuti Coaching Series ini, baik yang mendapatkan pendanaan dari PHLN- ADB atau IPB University harus bisa tumbuh dan berkembang sehingga bisnis produk yang dijalankan harus berdasarkan inovasi,” ucapnya.

Ia melanjutkan, STP IPB University siap memfasilitasi keperluan ijin edar bagi produk yang dihasilkan oleh startup. Upaya ini diberikan agar bisnis memiliki jangkauan luas ke berbagai negara, tidak hanya di kota dan kabupaten.

Wakil Kepala STP IPB University, Bidang Bisnis dan Kemitraan Industri, Dr Rokhani Hasbullah menghimbau agar peserta dapat menyimak coaching secara serius. Ia menambahkan, coaching ini merupakan kesempatan bagus bagi tenant agar mendapat wawasan dan pencerahan baru apabila mengalami kendala dalam berbisnis.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa kegiatan coaching series ini dalam upaya agar startup mengacu pada pemenuhan standar. Dengan demikian, produk yang dihasilkan bisa menjadi produk yang kompetitif dan bagaimana strategi ketika menghadapi kompetitor.

Sementara, itu Kepala Bidang Inkubator Bisnis STP IPB University, Deva Primadia Almada, MSi dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Serial Coaching Startup bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia, pengetahuan dan keterampilan startup dalam menjalankan bisnis.

Deva menyebutkan narasumber yang diundang merupakan seorang kompeten yang berasal dari berbagai instansi dan praktisi. Mereka adalah Fahmil Fauzi dari Nexplus; Asaduddin Abdullah, Dosen Sekolah Bisnis IPB University; Reza Wisnu Kusuma, owner wisata kuliner Bogor;Tetuko Widarso yang merupakan Consultant PT Premysis Consulting Jakarta;  Nurhidayat, eksportir; serta Ali Mutasowifin, dosen dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University.

sumber : https://www.ipb.ac.id/news/index/2023/11/puluhan-startup-program-primestep-dan-program-inkubasi-bisnis-ipb-university-ikuti-coaching-series-manajemen-keuangan/