Blog

LKST-IPB-University-Menandatangani-MoA-dengan-Lembaga-Pusat-Bisnis-Unuja-Probolinggo-770x400

LKST IPB University Menandatangani MoA dengan Lembaga Pusat Bisnis Unuja Probolinggo

LKST IPB University Menandatangani MoA dengan Lembaga Pusat Bisnis Unuja Probolinggo

Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University menandatangani memorandum of agreement (MoA) dengan Lembaga Pusat Bisnis Universitas Nurul Jadid (Unuja) Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (11/7) di Gedung Startup Center. Lingkup kerja sama dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) kedua institusi yang relevan dengan bidang keilmuan masing-masing.

Tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pelatihan, pengembangan produk, magang, benchmark, dan pendampingan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan di kedua lembaga, dan kegiatan lain yang sesuai dengan fungsi dan wewenang masing-masing.

Penandatanganan MoA dilakukan oleh Prof Erika B Laconi, Kepala LKST IPB University, dan Nur Elisa Faizaty, SE, MSi, CRA, CSRS selaku Kepala Lembaga Pusat Bisnis Unuja.

Dalam sambutannya, Prof Erika menyambut baik kerja sama kedua belah pihak. Ia mengatakan IPB University siap membantu Unuja dalam memberdayakan UMKM sekaligus mengakselerasi hilirisasi hasil-hasil riset perguruan tinggi melalui program pengembangan inovasi dan inkubasi bisnis. “Kerja sama ini juga diharapkan berpotensi meningkatkan kapasitas kewirausahaan mahasiswa,” tambahnya.

Sementara itu, Nur Elisa Faizaty, dalam sambutannya menjelaskan potensi Unuja sebagai kampus swasta terbesar di daerah Tapal Kuda, Jawa Timur dengan 25 program studi, 4 fakultas, dan 1 sekolah pascasarjana.

“Kewirausahaan menjadi salah satu aspek yang menjadi perhatian Unuja sesuai dengan visi misinya. Oleh karena itu, upaya pengembangan peta jalan (roadmap) kewirausahaan perlu untuk dirancang secara sistematis dan terstruktur,” urainya.

Kerja sama ini, sebut dia, penting bagi Unuja dalam mendapatkan pendampingan dari Inkubator Bisnis LKST IPB University yang telah berpengalaman dalam mendampingi startup maupun UMKM. Nur Elisa Faizaty berharap Inkubator Bisnis LKST IPB University bisa mendampingi rangkaian penyusunan pemetaan potensi, perencanaan, penyiapan, hingga implementasi inkubator bisnis di Unuja.

Hadir dalam penandatanganan MoA tersebut Prof Rokhani Hasbullah, Wakil Kepala Bidang Inkubator Bisnis dan Kemitraan Industri LKST IPB University, dan Deva Primadia Almada, SPi, MSi selaku Asisten Bidang Inkubator Bisnis LKST IPB University Prof Rokhani menjelaskan layanan LKST IPB University yang mencakup layanan teknis, pengembangan teknologi dan manajemen hak kekayaan intelektual (HKI), inkubasi bisnis. Ia juga memaparkan layanan pendukung untuk income generate seperti layanan teaching industry (lini minuman), pilot plant (ekstraktor, spray dryer, freeze dryer, retail packaging) dan meetings, incentives, conferences, and exhibitions (MICE).

Sementara, Deva Primadia memaparkan konsep inkubasi bisnis di LKST IPB University. Mulai dari rekrutmen, bootcamp, pendampingan, mentoring, sampai business matching. “LKST IPB University siap mendampingi Lembaga Pusat Bisnis Unuja dalam mengembangan dan menjalankan inkubasi bisnis untuk menumbuhkan startup inovatif di Probolinggo,” lanjut Deva. (stp/Rz)

sumber : LKST IPB University Menandatangani MoA dengan Lembaga Pusat Bisnis Unuja Probolinggo – IPB University

#ipbuniversity #ipb #ipbnesian #stpipb #lkstipb #Mentoring #StartupIPB #InkubasiBisnis #2024
____________________________________
More Information :
Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi
IPB University
– Website : stp.ipb.ac.id
– Email : stp@apps.ipb.ac.id
– Twitter : stp_ipb
– Instagram : @stpipb
– YouTube : stp ipb university