Blog

IPB University Buka Peluang Kerja Sama dengan University of Ostrava, Republik Ceko melalui Joint Doctoral Program

ipb-university-buka-peluang-kerja-sama-dengan-university-of-ostrava-republik-ceko-melalui-joint-doctoral-program-news

IPB University Buka Peluang Kerja Sama dengan University of Ostrava, Republik Ceko melalui Joint Doctoral Program

Belum lama ini, delegasi University of Ostrava, Republik Ceko mengunjungi Gedung Science Techno Park (STP) IPB University, Kampus Taman Kencana, Bogor. Kunjungan tersebut menandai peluang kerja sama dengan University of Ostrava, Republik Ceko, terutama terkait Joint Doctoral Program.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyambut baik kedatangan delegasi University of Ostrava. Ia menyampaikan pertemuan ini akan membuka peluang IPB University untuk bisa bekerja sama dan tampil di level internasional.

“IPB University akan terus berkolaborasi untuk mengembangkan keilmuan dan pendidikan di Indonesia. Tidak hanya pada aspek pertanian, tetapi juga mengglobal pada bidang pengetahuan lainnya,” ucapnya.

Wakil Rektor IPB University bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni, Prof Iskandar Z Siregar mengatakan, kunjungan ini adalah tindak lanjut dari program Erasmus+ sebelumnya. Ia menyebutkan bahwa Erasmus+ merupakan program dari pemerintah Uni Eropa yang secara eksklusif diberikan kepada mahasiswa dan dosen yang berasal dari negara-negara Uni Eropa dan non-Uni Eropa.

“Jadi, mahasiswa kita berkunjung ke University of Ostrava selama dua minggu dan dosen kita bisa mengajar di sana. University of Ostrava baru mendapat keistimewaan dari Uni Eropa melalui program Erasmus+ untuk mengundang lebih banyak mahasiswa IPB University untuk berkunjung ke sana,” ungkapnya.

Kunjungan ini, kata Prof Iskandar, merupakan kesempatan baik untuk peluang kerja sama antara IPB University dan negara Uni Eropa, salah satunya Republik Ceko.

“Republik Ceko adalah bagian dari negara Uni Eropa. Jadi, banyak peluang kerja sama terutama melalui program barunya yaitu Joint Horizon Program dan Erasmus+. Kami berharap nanti salah satu yang ditindaklanjuti adalah Joint Doctoral Program antara IPB University dan University of Ostrava,” jelas dia.

Rektor University of Ostrava, doc Mgr Petr Kopecky, PhD mengatakan bahwa ia terkesan dengan kultur pendidikan yang dijunjung tinggi oleh IPB University. Menurutnya, IPB University memiliki potensi, terutama untuk melakukan Joint Doctoral Program dengan negara-negara Uni Eropa.

“Kami juga secara resmi sudah mendapatkan hibah langsung dari Uni Eropa yang memungkinkan pertukaran sebanyak 20 mahasiswa antara IPB University dan University of Ostrava,” ujarnya.

Kunjungan University of Ostrava dilanjutkan dengan memperkenalkan fasilitas dan infrastruktur yang ada di STP IPB University. (dr/Rz)

 

Published Date : 06-Jul-2023
Narasumber : Prof Arif Satria, Prof Iskandar Z Siregar, doc Mgr Petr Kopecky, PhD
Kata kunci : Pendidikan, Joint Doctoral Program, IPB University, University of Ostrava, Republik Ceko
SDG : SDG 4 – PENDIDIKAN BERMUTU, SDG 17 – KEMITRAAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN