Blog

Kemenkop UKM dan LKST IPB University Gelar Bootcamp untuk Tingkatkan Kapasitas Startup Menuju Skala Global

Kemenkop-UKM-dan-LKST-IPB-University-Gelar-Bootcamp-untuk-Tingkatkan-Kapasitas-Startup-Menuju-Skala-Global-770x400

Kemenkop UKM dan LKST IPB University Gelar Bootcamp untuk Tingkatkan Kapasitas Startup Menuju Skala Global

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University Bogor menyelenggarakan kegiatan Bootcamp “Increase Your Capacity for Business Scale Up” untuk Program Peningkatan Kapasitas Startup melalui Inkubasi Tahun 2024, yang dilaksanakan belum lama ini di Hotel Onih Bogor.

Deputi Bidang Kewirausahaan, Ir Siti Azizah, MBA dalam sambutan dan pembukaan acara menyampaikan bahwa pemerintah melaksanakan berbagai program untuk mendukung tumbuh berkembang nya startup, diantara nya penumbuhan satu juta startup pada tahun 2024.

“Salah satunya melalui Program Peningkatan Kapasitas Startup melalui inkubator bisnis yang profesional, dimana Inkubator Bisnis LKST IPB University terpilih untuk menginkubasi 20 startup di Bogor dan sekitarnya. Inkubator ini diharapkan dapat memberikan layanan inkubasi terbaik kepada startup terpilih, sehingga dapat berkembang dan sustainable,” ujar Azizah.

Christina Agustin, A.Pi, M.M selaku Asisten Bidang Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Kemenkop UKM menyampaikan Kementerian Koperasi dan UKM saat ini berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menjalankan program inkubasi, terutama dengan inkubator bisnis.

“Setelah kegiatan bootcamp, akan dilaksanakan kegiatan coaching bisnis sebanyak enam kali, dan diakhiri dengan Demoday atau Business Matching skala nasional dan internasional. Kami sangat mengapresiasi Tim LKST IPB University yang ikuti dan memanfaatkan rangkaian kegiatan program ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Christin.

Sementara, Kepala LKST IPB University, Prof Erika B Laconi menegaskan komitmen IPB University untuk menumbuh-kembangkan startup melalui program inkubasi bisnis.

“Para startup dapat menjadi tenant inkubator bisnis LKST baik sebagai inwall tenant maupun outwall tenant. Kami berupaya untuk terus menambah fasilitas untuk meningkatkan layanan kepada para tenant sehingga semakin banyak tenant dapat diinkubasi secara inwall di dalam kawasan LKST IPB University,” tutur Prof Erika.

Prof Rokhani Hasbullah selaku Wakil Kepala LKST IPB University Bidang Inkubasi Bisnis dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kemenkop UKM melalui Deputi Kewirausahaan yang telah memberikan kepercayaan kepada LKST untuk menyelenggarakan Program Peningkatan Kapasitas Startup 2024.

“Bootcamp diikuti sebanyak 40 startup yang telah diseleksi. Melalui bootcamp ini diharapkan kapasitas startup dalam mengelola bisnis dapat meningkatkan kinerja usahanya dan siap untuk go global,” lanjut Rokhani.

Prof Rokhani juga menegaskan bahwa peserta program ini adalah para startup yang memiliki produk/jasa yg akan ditawarkan, memiliki business founder dan memiliki tim untuk menjalankan kegiatan usahanya, menerapkan teknologi dan digitalisasi, hingga mampu menarik investor dari lembaga pembiayaan seperti bank, angel investor maupun venture capital. (stpipb/Lp)

sumber : Kemenkop UKM dan LKST IPB University Gelar Bootcamp untuk Tingkatkan Kapasitas Startup Menuju Skala Global – IPB University